BAB I Pendidikan Keluarga Berkarakter

Rabu, 11 September 2013


PARAGRAF
-          Ciri-ciri paragraf
a.    Diawali dengan huruf kapital
b.    Kalimat pertama menjorok ke dalam
c.    Terdiri dari lebih dua kalimat
d.   Setiap paragraf terdapat kalimat utama da penjelas
-          Empat aspek keterampilan berbahasa:
a.    Menyimak/mendengarkan
b.    Berbicara
c.    Membaca
d.   Menulis
AFIKS (Imbuhan)
-          Afiks dibagi menjadi empat bagian yaitu:
a.    Prefiks (Awalan)
Contoh : Ber, ke, di, me, ter
b.    Sufiks (Akhiran)
Contoh : An, i, kan, wan, wati
c.    Infiks (Sisipan)
Contoh : Er, el, em
d.   Konfiks (Awalan + Akhiran/Imbuhan gabung)
Contoh :        Memper-kan                Di-kan
                      Memper-i                     Di-i
                      Diper-kan                    Me-kan
                      Dibe-i                          Me-i    

         

         

         

BAB I Pendidikan Keluarga Berkarakter
A.    Menyimpulkan isi berita yang didengar
-          Berita dapat diperoleh dari radio. Televisi bahkan dari media cetak yang dibacakan
-          Pokok berita merupakan masalah utama yang dibahas dalam berita itu
1.        Mendefinikan Berita
-          Pada umumnya, berita disusun dengan teknik piramida terbalik.
-          Teknik piramida terbalik adalah informasi utama berita disajikan pada paragraf pertama berita tersebut (kepala berita), sedangkan paragraf  selanjutnya berisi penjelasan (ada dalam badan dan ekor berita).
-          Biasanya, pertanyaan mengenai apa, mengapa, siapa, kapan, dimana, dan bagaimana berita itu dapat ditemukan jawabannya dalam paragraf pertama.
2.        Menyimpulkan Isi berita yang didengar
-          Unsur –unsur yang tersusun dalam sebuah berita:
·      Apa (What) : Apa yang diberitakan
·      Siapa (Who)            : Siapa yang terlibat dalam berita tersebut
·      Dimana (Where)     : Dimana berita tersebut terjadi
·      Kapan (When)        : Kapan peristiwa dalam berita tersebut terjadi
·      Mengapa (Why)      : Mengapa peristiwa dalam berita tersebut terjadi
·      Bagaimana (How)  : Bagaimana dampak dari peristiwa dalam berita tersebut
-          Unsur-unsur tersebut, biasanya dikenal dengan 5W + 1H
-          Contoh untuk menentukan unsure-unsur berita:
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kemarin di Istana Negara memanggil secara khusus Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto dan KSAD Jendral Djoko Santoso. Pemanggilan kedua pejabat militer ini diduga berkaitan dengan pergantian Panglima TNI.
Unsur-unsur yang terdapat pada berita tersebut adalah:
a.    Unsur apa (What), biasanya menunjukkan inti dari berita. Ciri kalimatnya merupakan kalimat berita.
Unsur apa (What):
Pemanggilan secara khusus Paqnglima TNI Marsekal Djoko Suyanto dan KSAD Jendral Djoko Santoso oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
b.    Siapa (Who), biasanya ditandai dengan kalimat yang menunjukkan objek seseorang.
Unsur Siapa (Who):
1)        Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
2)        Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto
3)        KSAD Jendral
c.    Dimana (Where), biasanya ditandai dengan kalimat yang menunjukkan tempat kejadian atau peristiwa tersebut terjadi.
Unsur dimana (Where):
Istana Negara
d.   Kapan (When), biasanya ditandai dengan kalimat yang menunjukkan waktu terjadinya peristiwa.
Unsur kapan (When):
Kemarin
e.    Mengapa (Why), biasanya ditandai dengan kalimat yang menyatakan alsan/sebab dari sebuah berita.
Unsur mengapa (Why):
Pemanggilan kedua pejabat tinggi militer ini diduga berkaitan dengan pergantian Panglima TNI
.                     B. Menceritakan Pengalaman yang Berkesan
1.        Memilih Pengalaman Berkesan
-          Cara mebuat orang lain terkesan dengan penglaman yang pernah kamu alami, yaitu:
a.    Ingat-ingatlah pengalaman yang pernah kamu alami yang menurutmu menarik dan tidak terlupakan.
Contoh:
·      Pengalaman menggelikan
Pada waktu peringatan hari Kartini di sekolah, ada seorang teman yang kondenya terlepas dan menggelinding. Teman tersebut kemudian mengejar kondenya sambil menaikkan kain jaritnya.
·      Pengalaman berkesan
Saat, kamu berulang tahun, pamanmu memberikan hadiah berupa satu buah cabe yang dimasukkan dalm kardus besar dan dibungkus dengan rapi.
·      Pengalaman menyenangkan
Ketika ulangan bahasa Indonesia, kamu merasa tidak bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan, tetapi ketika hasil ulangan dibagikan kamu mendapat nilai bagus.
b.    Memilih salah satu pengalaman yang menurutmu menarik.
c.    Kembangkanlah pengalamanmu  menjadi cerita yang sangat menarik
2.        Mempersiapkan Pokok Pengalaman
-          Hal-hal yang harus ada dalam pokok pengalaman (cerita):
a.    Bagian pembukaan atau kata pembuka
b.    Bagian isi atau pokok pembicaraan
c.    Bagian penutup
3.        Menceritakan Pengalaman Di depan Kelas
-          Setelah kamu mempersiapkan pengalamanmu, cobalah berlatih di depan cermin, anggap bayanganmu sebagai pendengar. Dan kembangkanlah ceritamu dengan kata-katamu sendiri.
          C.   Membaca Memindai Kamus
1.        Membaca Memindai dalam Kamus
-          Membaca memindai adalah cara membaca cepat untuk mencari informasi tertentu dengan cara membaca secara langsung pada pokok informasi yang diperlukan.
-          Membaca memindai dapat dilakukan ketika kamu mencari arti kata dalam kamus, nomor telepon, daftar acara televisi/radio, jadwal keberangkatan kereta api, pesawat dan sebagainya.
-          Cara membaca memindai :
Dalam kamus
Contoh:
a.    Kamu ingin mencari kata pengumuman. Ingat bahwa halaman dan kata-kata didalam kamus disusun secara abjad (alfabetis). Jadi mula-mula carilah halaman yang berisi kata-kata yang berhuruf depan P.
b.    Kemudian, telusuri dan cari kata-kata yang berhuruf awal P dan ikuti huruf  E
c.    Gunakanlah telunjuk tangan agar kamu mudahj menemukannya. Carilah sampai kamu temukan kata pengumuman.
d.   Jika kamu telah menemukan kata pengumuman, cermatilah kata tersebut
e.    Catatlah artinya agar tidak lupa.
2.        Menemukan Makna Kata dalam Kamus melalui Kegiatan Membaca Memindai
.                         D. Menulis Buku Harian
1.        Mengamati Contoh Buku Harian
-          Buku harian (diary) adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari.
-          Fungsi diary adalah sebagai kenangan masa-masa yang pernah kita alami
-          Fungsi diary bisa juga sebagai momentum/sejarah kehidupan kita.
-          Karena perubahan zaman, diary pun berubah fungsi dari sekedar menyimpan kenangan menjadi sebuah media untuk mencurahkan perasaan seseorang atas masalah yang dihadapinya.
-          Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menulis buku harian:
a.     Mendokumentasikan pengalaman
b.    Mengisi waktu senggang
c.    Mengasah kemampuan menulis
d.   Mengingat kenangan
e.    Mengurangi kegundahan dan tekanan batin
f.     Mengevaluasi dan merefleksi diri.
-          Hal-hal yang dituliskan dalam buku harian
a.    Hari, tanggal dan waktu peristiwa terjadi
b.    Pokok-pokok peristiwa
2.             Menemukan Unsur-unsur yang ditulis dalam Buku Harian
-          Penulisan buku harian tidak harus menggunakan kalimat yang baik, tetapi boleh menulis dengan menggunakan “bahasa gaul”
-          Penulisan buku harian sering menggunakan kalimat ekspresif.
-          Kalimat ekspresif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, dan perasaan.
-          Kalimat ekspresif merupakan kalimat yang spontan keluar dari pikiran dan perasaan yang dalam.
-          Hal-hal yang dicantumkan dalam menulis buku harian, yaitu:
a.       Tempat.
b.      Waktu.
c.       Peristiwa.
d.      Perasaan yang dialami.


Surat Dinas dan Surat Resmi
E.     Surat dinas/resmi
-          Surat dinas/resmi adalah surat yang dikirim oleh perseorangan atau lembaga kepada orang lain yang berisi hal-hal kedinasan
-          Contoh surat resmi yaitu surat undangan dinas, surat permohonan, surat pemberitahuan, surat penawaran barang, lamaran kerja, suart balasan lamaran pekerjaan, surat jual beli, surat perjanjian, surat penghantar barang, dan surat penolakan.
-          Dalam surat resmi digunakan bahsa baku
-          Unsur-unsur surat resmi meliputi:
a.    Kepala surat
b.    Tanggal surat
c.    Identitas surat (nomor, lampiran,hal)
d.   Alamat surat (nam dan alamat nama orang yang dikirim surat)
e.    Salam pembuka
f.     Isi surat
g.    Salam penutup
h.    Identitas pengirim (jabatan, tanda tangan, dan nama terang)
i.      Tembusan
j.      Inisial
-          Contoh surat resmi:

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMPN 1 MARGAHAYU
Jalan Margahayu No. 27 Bandung 40218      Kepala surat
Telp. (022) 5403518

Tanggal surat               2 Agustus 2007
Nom Nomor           : 06/OSIS/VIII/2004
Lam  Lampiran        : -                                             Identitas surat            
Hal    Hal                : Permohonan   

Yth. Kepala SMPN 1 Margahayu
Jalan Ketapang 17                               Alamat Surat
Bandung

                        Assalamu’alaikum Wr. Wb.     Salam pembuka
Sehubungan dengan berakhirnya kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS), genap dengan ini kami, OSIS SMPN 1 Margahayu, ingin melaksanakan pertandingan persahabatan dengan SMPN 2 Margahayu yang Bapak pimpin. Adapun jenis pertandingan yang akan kami laksanakan adalh sepak bola, voli, dan tenis meja. Lomba-lomba tersebut rencananya akan kami laksanakan pada minggu depan, tepatnya hari Senin, 9 Agustus 2007. Mengenai jadwal lomba-lomba tersebut, akan kami kirimkan dalam minggu ini setelah kami mendapat tanggapan dari Bapak.
            Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan dengan harapan semoga Bapak dapat menerima rencana pertandingan persahabatan ini. Atas perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih
Isi Surat
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Ketua OSIS                                                                Sekretari                      Identitas Pengirim                              
Deni Kodrati                                                               Nurul Zahra                

Mengetahui                                                                                                                                            Kepala SMPN 1 Margahayu
                                                            Identitas pengirim
H. Drs. Sholihin Afandi

F.     Surat pribadi
-          Surat pribadi adalah surat yang dikirim oleh seseorangan kepada orang lain yang isinya bersifat pribadi atau tidak menyangkut kedinasan
-          Contoh surat pribadi yaitu surat kepada saudara, teman sepermainan, orang tua dan surat tidak resmi lainnya
-          Bahasa yang digunakan untuk Surat pribadi bukan ragam resmi
-          Unsur surat pribadi itu sama dengan unsur surat resmi, tetapi tidak ada kepala surat, identitas surat, jabatan pengirim, tembusan dan inisial
-          Catatan :
Surat merupakan komunikasi dari orang pertama (penulis) kepada orang kedua (pembaca). Oleh karena itu, kata-kata dalam surat tidak boleh menggunakan kata ganti orang ketiga, yaitu nya
-          Contoh yang salah:
Atas perhatiannya, kami hanturkan terimakasih
-          Contoh yang benar:
Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih      
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terimakasih
Atas perhatian yang diberikan, saya ucapkan terimakasih     








0 komentar:

Posting Komentar